Di Paris, SPBU Berada Dibawah Gedung

oleh -
0 49
Frankfurt - Paris 19-21 Okt 2015
SPBU Paris 19-21 Okt 2015

Di Paris dan dibanyak kota besar lain di dunia, SPBU sudah tidak layak lagi berdiri diatas permukaan yang menyita luas lahan yang besar. Kini SPBU sudah dibangun dibawah gedung kantor, toko dan apartemen. Tidak mudah dicari dengan kasat mata, kecuali dengan melihat tanda logo perusahaan yang dipasang pada mulut jalan kebawah gedung. Cara yang mudah tentu saja dengan menggunakan alat elektronik GPS yang memberitahu dimana ada SPBU yang terdekat.

Soal keindahan tata kota, lalulintas, kemudahan dan harga tanah‎, menjadi pertimbangan utama. Memindahkan ke bawah gedung itulah cara untuk menjamin kehandalan penyediaan BBM untuk masyarakat kota yang padat.

Di Indonesia, penutupan SPBU di jalan utama kota, praktis baru dilakukan di Jakarta, Surabaya dan Medan. Masyarakat di sekitar sana harus ke SPBU yang lokasinya menjauh dari pusat kota. Alasan utamanya lebih kepada soal keindahan tata kota dan mengurangi kemacetan sehingga Pemerintah kota yang berinisiatif. Akan tetapi, pada beberapa tahun terakhir ini, inisiatif tutup SPBU sudah datang dari pemilik SPBU sendiri, karena masalah keekonomian usaha ‎. Harga tanah tinggi, sehingga  mempunyai opsi usaha lain yang lebih menguntungkan, seperti usaha properti. SPBU yang lahannya besar di kota sudah kecil keuntungannya, apalagi dengan pajak bumi dan bangunan yang sangat tinggi, telah mengubah preferensi masyarakat dalam memilih usaha dan tinggal hidup.

Apabila kecenderungan ini terus berlanjut, sudah barang tentu masyarakat akan terkena dampaknya, akan sulit mencari BBM.‎ Oleh karena itu, Pemerintah Kota sudah waktunya membuat regulasi yang menetapkan, letak SPBU harus berada dibawah gedung.. Perubahan ini tentu butuh waktu, perlu persiapan dan sosiaisasi,  tapi sudah harus dimulai. Ayo Gubernur Ahok, kapan?

@hasyim_ibrahim

(Visited 44 times, 1 visits today)

BELUM ADA TANGGAPAN

Tulis Tanggapan