Ilugas ke kampus STEM Akamigas

oleh -
0 791
Suasana kegiatan sekitar ceramah umum, Dialog dengan Pimpinan, BEM di STEM Akamigas Cepu
Suasana kegiatan sekitar ceramah umum, Dialog dengan Pimpinan, BEM di STEM Akamigas Cepu

Bagi mahasiswa STEM Akamigas, tanggal 28 Oktober 2015 ini mempunyai arti tersendiri, disamping memperingati hari sumpah pemuda, tapi hari itu mereka juga mendapat semangat yang diberikan oleh para alumni yang tergabung dalam Ikatan Alumni Akademi Migas (Ilugas) dalam acara Ceramah Umum, yang secara berkala dilakukan. Bagi Ilugas sendiri acara itu juga monumental, karena baru pertama kali Ilugas ditunjuk untuk mengisi acara kuliah umum, sekalipun sudah ada beberapa alumni Akamigas yang secara individu diundang untuk itu.

Narasumber diacara Kuliah Umum STEM Akamigas Cepu
Narasumber diacara Kuliah Umum STEM Akamigas Cepu

Ceramah umum oleh Ilugas pada hari itu meliputi 3 topik, yaitu Global Oil Trading oleh Burhanudin Hassan MBA, Optimizing Oil Production oleh Harry Wahyudi MM dan Potensi Energi Indonesia untuk pembangunan masa depan oleh Dr.Ir.Wahyu Pudjo Haryoko MM. Mereka ini adalah sebagian dari alumni Akamigas yang sukses. Kini Alumni STEM Akamigas berada disemua lini industri migas dan energi nasional termasuk asing, didalam dan diluar negeri Melalui ceramah umum ini, para alumni dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman serta memompa semangat dan motivasi bagi mahasiswa muda. Menurut Ketua Umum Ilugas Dr.Ibrahim Hasyim, ceramah umum ini merupakan implementasi dari Visi Ilugas yang membawa misi bermanfaat bagi sesama dan bagi pihak lain.

STEM Akamigas saat ini mempunyai 720 mahasiswa, yang terdiri dari berbagai jurusan termasuk yang baru jurusan drilling yang sangat dibutuhkan industri energi saat ini. Selama ini perusahaan migas nasional dan asing seperti Pertamina, PGN dan Chevron melatih sumber daya manusianya disini.

Sejak tahun 2012/2013, STEM Akamigas mulai menerima mahasiswa dari umum. Perguruan Tinggi yang akan menelorkan lulusan Diploma IV dengan akreditasi B dari Pemerintah ini, menurut plt. Ketua I STEM Akamigas Ir. Djoko Kuncoro ,yang juga anggota Ilugas, kini semakin diminati masyarakat umum, terbukti pada tahun ajaran 2014, jumlahnya 73 mahasiswa, naik menjadi 123 mahasiswa di tahun 2015 dan naik lagi menjadi 133 mahasiswa di tahun 2016 yang akan datang. Dengan trend seperti itu, maka manajemen STEM Akamigas harus lehih membuka diri terhadap segala perkembangan, perubahan dan kecenderungan yang terjadi di energi/migas dunia. @hasyim_ibrahim

TERKAIT

BELUM ADA TANGGAPAN

Tulis Tanggapan