Tradisi Dalong

oleh -
0 38
Tradisi Dalong

Bentuk acara memperingati hari maulid nabi besar Muhammad saw beragam diantara negara maupun daerah. Saya ingin menggambarkan bagaimana acara itu dilakukan di gampoeng jalan di Idi Rayeuk ibukota kabupaten Aceh Timur.

Ada beberapa acara yg dilakukan, yaitu berdoa bersalawat sebagai acara utama, ditambah dengan lomba azan, menulis kaligrafi dan pidato. Berdoa bersalawat dilakukan terus menerus bergantian oleh rombongan utusan tamu dari beberapa gampoeng disekelilingnya. Setelah selesai berdoa berselawat, maka kepada tamu tersebut disuguhkan makanan yang dikemas dalam DALONG. Makanan itu merupakan sumbangan kenduri dari masing2 pribadi di wilayah itu. Isinya lauk pauk yang bisa berbeda ragam jenis ikan dan rasa masakannya, disusun dalam dalong, tempat yang berbentuk bundar yang dihias warna warni. Soal apa isi dalong itu, sering jadi candaan untung untungan bagi remaja, ada yang dapat daging, ayam dan ada pula yang kebagian telor.

Satu dalong diperuntukkan untuk satu rombongan, makanan harus dihabiskan. Jika tidak habis, panitia menyediakan kantong untuk dibawa pulang.

Pada acara peringatan maulid ini, ada suasana khidmat pada saat berdoa bersalawat, tapi ada pula suasana ceria pada saat membuka dalong isinya apa, memakan dan membawa pulang karena pasti lebih.

Mengemas sumbangan makanan kenduri dalam dalong pada setiap kali memperingati hari maulid ini sangat menarik dan dinantikan, namun tradisi ini mulai berkurang dikikis oleh cara berfikir praktis masyarakat. Saat ini masyarakat sudah mulai menggunakan rantang. Tradisi itu mulai terkupas lekang oleh semakin panas nya kehidupan, mencampakkan nilai nilai budaya yang sesungguhnya bisa membuat hidup itu lebih indah dan berkesan. Ini menjadi tantangan bagi Pemerintah daerah dan Pemuka masyarakat untuk melestarikannya, terlebih lebih pada saat ini, berbagai tradisi masyarakat di tiap daerah, seperti dalong di Aceh ini bisa menjadi assets wisata yang punya daya tarik untuk dilihat para pengunjung wisata ke daerah. @hasyim_ibrahim

BELUM ADA TANGGAPAN

Tulis Tanggapan