Lelang 11 Blok Migas Laku Diminati Investor

oleh -
0 58

blok-migas

Jakarta -Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM melelang 12 wilayah kerja (blok) migas baru. Sebanyak 11 blok diminati investor dengan total komitmen investasi sebesar  144,25 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,87 triliun.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja mengatakan, untuk meningkatkan produksi dan cadangan migas nasional, pemerintah melakukan lelang Wilayah Kerja Migas Konvensional dan Non Konvensional Tahap I 2014 dan sudah ditentukan pemenangnya.

“Lelang Tahap I 2014 ini dilakukan pada Juni-Oktober 2014 untuk wilayah kerja konvensional dan lelang wilayah kerja non konvensional dilakukan pada Juni-Agustus 2014,” jelas Wiratmaja di acara Pengumuman Pemenang Lelang Wilayah Kerja Migas Tahap I 2014 di Kantor Ditjen Migas, Plaza Centris, Kuningan, Rabu (18/3/2015).

Hasilnya adalah sebagai berikut:

A. Lelang Penawaran Langsung WK Migas Konvensional Tahap I Tahun 2014

1.Blok Kualakurun, lokasi Onshore Kalimantan Tengah, pemenangnya PT Petcon Recousces dan Petronas Carigali International E&P BV.

2.Blok Garung, lokasi Onsohe Kalimantan Tengah, pemenangnya PT Mentari Abdi Pertiwi.

3.Offshore Pulau Moa Selatan, Lokasi Offshore Maluku, pemenangnya PT Shell Exploration Company B.V.

4.Blok Southeast Papua, lokasi Onshore Papua, pemenangnya PT Gema Terra-Transform Exploration Pte Ltd.

5.Blok Abar, lokasi Offshore Jawa Barat, pemenangnya PT Pertamina (Persero).

6.Blong Anggursi, lokasi Offshore Utara Jawa Barat, pemenangnya PT Pertamina (Persero).

“Komitmen pasti eksplorasi dari 6 pemenang lelang untuk 3 tahun berupa studi G&G sebesar  5,59 juta dollar AS, survei seismik 2D sepanjang 2.750 km, dan pemboran 2 sumur eksplorasi. Total investasi komitmen eksplorasi adalah sebesar  36,325 juta dollar AS. Sedangkan bonus tanda tangan (Signature Bonus) sebesar  6 juta dollar AS,” ungkap Wiratmaja.

B. Lelang Reguler WK Migas Konvensional Tahap I Tahun 2014

1.Blok North Madura II, lokasinya offshore Jawa Timur, pemenangnya Petronas Carigali International E&P BV

2.Blok Aru Trough I, lokasi Offshore Aru, pemenangnya Statoil ASA

Komitmen pasti eksplorasi dari 2 pemenang lelang untuk 3 tahun masa eksplorasi berupa studi G&G sebesar  2 juta dollar AS, survei seismik 2D sepanjang 700 km dan pemboran 3 sumur eksplorasi. Total investasi komitmen eksplorasi adalah sebesar  70,9 juta dollar AS. Sedangkan bonus tanda tangan  3 juta dollar AS.

C. Lelang Penawaran Langsung WK Migas Non Konvensional Tahun 2014

1.Blok MNK Palmerah, lokasi Onshore Sumatera Selatan dan Jambi, pemenang Konsorsium Bukit Energy Resources Palmerah Deep Pte. Ltd (New Zealand), PT. SNP Indonesia, Bumi Perdana Energy Ltd, Glory Wealth Pacific Ltd.

2.Blok MNK Sakakembang, lokasi Onshore Sumatera Selatan, pemenangnya konsorsium Bukit Energy Indonesia Pte. Ltd dan PT Pertamina (Persero).

3.Blok MNK Selat Panjang, lokasi Onshore Riau, pemenangnya Petroselat Ltd.

Komitmen pasti eksplorasi dari 3 pemenang lelang untuk 3 tahun masa eksplorasi berupa studi G&G sebesar  1,10 juta dollar AS, survei seismik 2D sepanjang 500 km, dan pemboran 3 sumur eksplorasi. Total investasi komitmen eksplorasi adalah sebesar  37,025 juta dollar AS. Sedangkan bonus tanda tangan sebesar  3 juta dollar AS.

“Secara keseluruhan, total komitmen pasti eksplorasi dari 11 pemenang lelang adalah berupa studi komitmen eksplorasi adalah sebesar  144,25 juta  dollar AS untuk tahun ini saja. Sedangkan bonus tanda tangan yang akan diterima langsung oleh pemerintah sebesar  12 juta dollar AS. Ini tandanya investor masih berminat sekali investasi di Indonesia,” papar Wiratmaja

(Visited 94 times, 1 visits today)

TERKAIT

0 109

0 137

BELUM ADA TANGGAPAN

Tulis Tanggapan