Papua Barat, Kaya Sumber Daya

oleh -
0 30

Manokwari sudah jadi ibukota Papua Barat selama 10 tahun dan hari ini Kodam Kasuari diresmikan pembentukannya, mekar terpisah dari Kodam Cenderawasih sebelumnya.

Sebagai ibukota propinsi baru, Manokwari semakin bersolek, semakin cantik. Kantor Gubernur dengan arsitektur mewah gagah berdiri diatas bukit seakan tidak pernah bosan menatap hamparan laut hijau. Kondisi itu memang pantas untuk sebuah propinsi yang kaya dengan sumber daya alam. Papua Barat ini kaya dengan Minyak bumi,  gas/LNG Tangguh dan pesona wisata indah Raja Ampat.

Karena itu, disana Pekerja dan turis asing berseliweran terutama di Sorong. Kini, di Manokwari juga berseliweran pekerja dari China. Investor China baru saja menyelesaikan pabrik semen buatan China disebuah kota yang disebut “kota mandiri”, karena hanya dihuni dan hidup sendiri.

Pembangunan itu selalu berkorelasi dengan kebutuhan energi. Ketersediaannya harus selalu cukup. Terminal BBM ada 6 buah tersebar, tapi distribusi penyalur masih terkendala minimnya infrastruktur angkutan. Begitu juga dengan tenaga listrik, masih belum bisa menjangkau seluruh pemukiman masyarakat dan masih sering terjadi pemadaman. Kini Papua Barat boleh bangga, karena disana sudah ada pembangkit listrik tenaga surya yang terbilang besar saat ini di Indonesia, yaitu  dengan kapasitas 2 MW. Kehadirannya telah ikut memperkuat pembangkit tenaga diesel dan gas disana. Tonggak ini penting dalam penyediaan listrik dari energi terbarukan.

Kemampuan penyediaan listrik selalu kejar memgejar dengan peningkatan kebutuhan. Penyediaan energi sepertinya akan menjadi masalah utama dimasa mendatang dan karena itu pendekatan politik sosial keamanan menjadi samgatlah penting. @hasyim_ibrahim

(Visited 22 times, 1 visits today)

TERKAIT

0 109

0 137

BELUM ADA TANGGAPAN

Tulis Tanggapan