Perkembangan Hilir Migas

oleh -
0 85

Perkembangan Hilir Migas

Perkembangan supply demand dan turunnya harga migas global, ditambah dengan menurunnya kegiatan hulu migas nasional pasti memberi pengaruh yang strategis pada kegiatan hilir migas kedepan‎. Hal itu dikatakan Ibrahim Hasyim dalam ceramahnya mengenai isu strategis hilir migas pada orientasi pegawai baru Badan Pengatur Hilir di Balikpapan.

Harga minyak dunia turun cukup dalam sudah lebih setengah tahun dan hal ini menurut laporan Energy and Capital telah menyebabkan Investasi disektor migas telah turun sebesar 87 persen pada triwulan 2/2015. Namun sebaliknya, investasi dibidang manufacturing telah naik sebesar 85 persen. Dengan produksi minyak dan gas Amerika yang praktis telah menyamai produksi Arab Saudi dan sejalan dengan itu berupaya untuk terus mengurangi impor dari negara Opec, padahal Iran baru saja masuk lagi kepasar minyak dunia, dapat dibayangkan seperti apa sudah pasar minyak dunia. Pasti jalur angkutan minyak dunia, ikut pula berubah. Sementara itu pertumbuhan konsumsi minyak di Amerika Serikat dan Eropa Barat praktis sudah berhenti tumbuh, sementara pertumbuhan konsumsi di negara  negara Asia termasuk Timur Tengah meningkat cukup tinggi, ini tentu menyebabkan  kapasitas kilang minyak di Asia berubah keseimbangannya dan sudah tidak memadai lagi dibeberapa negara termasuk Indonesia.

Berbagai perkembangan strategis itu, tentu berdampak besar pada hilir migas dalam negeri. Kebijakan harga BBM yang mengatur ‎subsidi tetap dan percepatan pembangunan infrastruktur migas seperti kilang, tanker dan tanki timbun adalah policy response pemerintah yang harus didukung semua pihak. Hilir migas di Indonesia akan semakin ramai sejalan dengan pertumbuhan populasi dan ekonomi terutama di wilayah terpencil yang semakin berkembang.

(Visited 86 times, 1 visits today)

BELUM ADA TANGGAPAN

Tulis Tanggapan