Persiapan BBM Natal dan Tahun Baru 2017 di Wayame Ambon

oleh -
0 68

Ambon adalah penjuru dari mobilitas manusia dan barang di Maluku  termasuk dari FakFak dan Kaimana di Papua Barat. Karena itu saat menjelang Natal dan Tahun Baru di wilayah ini terjadi peningkatan kegiatan yang bermuara pada kenaikan kebutuhan bahan bakar minyak (bbm). Hari hari sekarang ini, kebutuhan BBM rata2 meningkat sekitar 8 persen.  Semua jenis BBM meningkat, minyak tanah untuk bikin kue di rumah tangga, premium/pertalite/pertamax untuk angkutan manusia, minyak solar untuk kapal penumpang laut dan avtur untuk penumpang udara. Apalagi saat ini penerbangan dari dan ke Ambon sudah sangat padat oleh banyak perusahaan penerbangan.

Ada hal khusus yang terjadi disini adalah karena wilayah Maluku itu terdiri dari pulau2, maka kapal2 yang singgah pulang pergi membawa penumpang dan barang ke pulau2 itu, mereka ikut memborong BBM dalam kemasan untuk dibawa pulang ke pulau2. Kondisi ini menyebabkan sulitnya menghitung kebutuhan BBM yang harus disediakan, karena ada kebutuhan diluar Ambon yang sulit diprediksi kelakuan belinya,  terutama untuk minyak tanah yang diatur rigit penyalurannya berdasarkan volume harian. Atas kekurangan yang terjadi, Pertamina sekali2 melakukan operasi pasar.

Sebenarnya pengaturan dan pengawasan pada setiap kali menyambut hari2 besar keagamaan tidak sulit dilakukan, karena sudah biasa sebagai kegiatan tahunan, namun demikian kesiapan dan kehadiran Pemerintah tetap diperlukan untuk pemastian bahwa penyiapan pelayanan BBM natal dan tahun baru 2017 telah dilakukan oleh Pertamina secara baik.

Kewaspadaan tetap diperlukan, jangan sampai kasus toll BREBES tidak terulang lagi, dimana kala itu kurangnya antisipasi adanya perubahan kelakuan arus lalu lintas akibat dari dibukanya jalur Toll baru. @hasyim_ibrahim

TERKAIT

0 104

0 59

BELUM ADA TANGGAPAN

Tulis Tanggapan