PHE WMO Kembali Gelar Pelatihan

oleh -
0 140

phe-onwj

Surabaya – PT Pertamina Hulu Energi (PHE) West Madura Offshore (WMO) bersama UPT Pelatihan Kerja/Balai Latihan Kerja (BLK) Surabaya kembali menggelar pelatihan  29 pemuda dari  Desa Sidorukun  Kabupaten Gresik dan Kecamatan Sepuluh Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan. Medreka dilatih keterampilan kejuruan listrik industri dan teknik sepeda motor.

Manager Community Development PT PHE WMO Sudaryoko mengatakan, penyelengaraan pelatihan kerja ini sebagi bukti komitmen PHE WMO untuk ikut serta mengurangi tingginya angka penggangguran terbuka. Harapnya setelah pemuda dilatih akan bisa berwirausaha  sendiri. Pada akhirnya bisa meningkatkan taraf hidup warga, terutama di kawasan kerja PHE WMO yakni di Bangkalan dan Gresik. “Sehingga saat sukses nanti, mereka pun mampu menyerap tenaga kerja lebih banyak dari warga sekitarnya,” kata Sudaryoko di sela acara pembukaan pelatihan ketrampilan berbasis kompetensi di UPT BLK  Surabaya, Selasa (24/2/2015).

Kegiatan pelatihan ini, katanya, dilakukan sejak tahun 2005. Mulai dari keahlihan di bidang kelistrikan, reparasi handphone, menjahit dantekni sepeda motor. Sampai saat ini totalnya sekitar 311 orang.

Ia mengatakan, setelah mereka mendapat pelatihan  pihaknya tetap akan membantu langkah selanjutnya. Di antaranya dengan memberikan peralatan yang diperlukan, ketrampilan manajemen. “ Kami sengaja tidak memberikan uang tunai,” katanya.

Hal yang sama juga diungkapkan  Kepala BLK Surabaya, Widjil Saptadi, dimana dari 29  peserta yang ikut pelatihan tercatat 17 orang lebih memilih untuk mengikuti pelatihan teknik sepeda motor dan sisanya 12 orang berminat di  kelistrikan. Agaknya maraknya pasar sepeda motor ne di Jatim, juga menjadi pertimbangan para siswa pelatihan untuk memilih bidang keahlian ini

“Kami juga menyambut baik langkah PHE WMO, yang memang serius memberikan bekal skill kepada warga di sekitar mereka. Dan ini bisa menjadi modal utama bagi mereka sekaligus mengurangi pengangguran,” tambah Widji.

Sumber: global-energi.com

(Visited 129 times, 1 visits today)

TERKAIT

0 109

0 137

BELUM ADA TANGGAPAN

Tulis Tanggapan