Tradisi Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu di Segarra Ancol

oleh -
0 74

IMG-20160628-WA0001

Buka bersama dengan sekitar 200 anak yatim piatu beserta para pengasuh dan keluarga dari 3 yayasan di sekitar Segarra di Ancol, Jakarta Utara. Anak yatim piatu pada hakikatnya mempunyai keinginan sama dengan anak-anak biasa lainnya, ingin makan enak di restoran, punya baju baru, uang dan juga ingin menikmati segala macam fasilitas main anak yang ada di lokasi wisata.

Bagaimana cara berbuka puasa dengan anak yatim piatu sudah barang tentu berbeda dengan yang lainnya, akan tetapi secara umum adalah memberi makan dalam kotak, amplop uang dan tempat duduk yang terpisah dari para undangan lainnya. Resto Segarra Ancol sudah menjadi tradisi setiap bulan Ramadhan menyelenggarakan acara berbuka puasa dengan caranya sendiri, dengan konsep ‘memanusia’-kan si anak, yaitu bisa duduk ditempat dimana biasanya tamu pengunjung duduk, menikmati makanan prasmanan, bisa memilih dan menambah. Tapi sebelum itu semua, seperti pada tahun-tahun sebelumnya, mereka dapat menikmati permainan seperti yang ada di Komplek Wisata Ancol. Tahun ini mereka mendapat layanan dari operator Gondola, anak-anak sangat senang dan bergembira bisa naik gondola seperti anak lainnya. Kemudian mereka mendengarkan musik rebana yang diselingi dengan acara kuis menjawab soal-soal yang berkaitan dengan tuntuan agama.

Acara beduk, ramai-ramai berbuka dilanjutkan dengan sembahyang berjamaah dan makan malam bersama. Dan sudah barang tentu ditutup sebelum pulang dengan pembagian amplop uang dan tas sekolah. Dari rawut wajah mereka kelihatan senang sekali. Kami tanya pada seorang anak perempuan kecil yatim piatu “pernah naik gondola?, belum dan enak sekali” jawabnya, “Alhamdulillah… plong rasanya, karena mereka sesungguhnya juga haus akan hiburan yang sangat jarang mendapatkannya.

Anak yatim piatu pada hakikatnya adalah sama kebutuhan hidupnya dengan anak lain yang masih mempunyai orang tua. Kita semua tentu dapat membantunya. Allat SWT dan Rasulullah Muhammad SAW sangat menyukai orang-orang dan umatnya yang selalu memperhatikan dan mengasihi anak yatim. @hasyim_ibrahim

(Visited 35 times, 1 visits today)

BELUM ADA TANGGAPAN

Tulis Tanggapan