Pembangunan Cluster Infrastruktur Maritim di Aceh

oleh -
0 33
Pembangunan Cluster Infrastruktur Maritim di Aceh
Pembangunan Cluster Infrastruktur Maritim di Aceh

Pertemuan koordinasi antara Panitia Pusat dengan Panitia Daerah dalam rangka peringatan hari Nusantara 13 desember 2015 yang akan datang, telah dilaksanakan pada 9 Juni 2015 yang lalu di kantor Gubernur Aceh. Hadir Gubernur Aceh yang berjanji pelaksanaan di Aceh akan lebih baik dari tahun tahun sebelumnya. Hadir juga sekretaris Dewan Kelautan yang menjelaskan visi maritim dan Ketua‎ harian Panitia Pusat Fx.Sutiyastoto kabalitbang ESDM yang menjelaskan akan dibangunnya Cluster infrastruktur maritim di 7 wilayah dan salah satunya adalah di kabupaten Aceh Jaya.

Pembangunan cluster infrastruktur maritim dimaksudkan adalah agar tidak ada kesan, setiap kali peringatan hari Nusantara hanya seremonial saja, tetapi ada sesuatu yang ditinggalkan didaerah sebagai simbol adanya upaya kita bersama untuk membangun industri maritim.

Berkenaan dengan itu, Panitia Pusat mengunjungi Calang ibukota kabupaten  Aceh Jaya untuk melakukan diskusi awal dengan Bupati, Bapeda dan Kadis KKP setempat. Menurut Pemda Aceh Jaya,  ada potensi disana untuk bisa  dibangunnya industri perikanan di pulau raya,  untuk tujuan ekspor ikan tuna. Bisa juga untuk penanaman kemiri bahan baku pembuatan biofuel dan industri pipa dari bahan getah karet.

Potensi ini semua masih harus dikaji lebih lanjut oleh Tim Ahli dan menurut Kabalitbang ESDM antara lain termasuk Prof.Dr.Ir. Rochmin Dahuri dan Dr. Ibrahim Hasyim. Tim tersebut akan segera bekerja dengan target dapat disimpulkan proyek apa yang cocok untuk dikembangkan di Aceh Jaya dan itu akan diumumkan  pada acara peringatan hari Nusantara 13 desember 2015 mendatang yang akan dihadiri oleh Presiden Jokowi.

(Visited 42 times, 1 visits today)

BELUM ADA TANGGAPAN

Tulis Tanggapan